Jumat, 25 Oktober 2013

Faktor- faktor yang dapat Menentukan Perilaku Konsumen

Faktor- faktor yang dapat Menentukan Perilaku Konsumen

1. Kualitas Produk 
Konsumen akan merasa puas bila produk yang mereka beli berkualitas.
Contoh kasus:
Pembelian Smartphone berjenis Android dengan merk Samsung Galaxy S lebih banyak diminati daripada merk Huawei Ideos X1 buatan Cina. Karena tingkat kualitas yang dimilik Samsung lebih tinggi dibanding Huawei buatan Cina yang memiliki kekurangan diantaranya 1.) Layar lebih sempit, 2.)Tidak ada shutter Kamera, 3.terkadang terjadi lag.
 
2. Kualitas Jasa
Untuk industri pelayanan jasa, konsumen akan merasa puas bila mendapatkan pelayanan yang baik dan tidak mengecewakan dari pelayanan jasa yang mereka gunakan.
Contoh kasus:
Pelayanan pada Garuda Indonesia yang lebih memberikan kenyamanan pada konsumen menjadi salah satu faktor mengapa garuda indonesia lebih banyak digunakan konsumen daripada pesawat jenis lainnya. Garuda Indonesia memiliki karyawan yang memberikan rasa aman dalam memberikan pelayanan kepada penumpang, karyawan siap setiap saat untuk melayani penumpang, karyawan mampu memberikan kepercayaan kepada penumpang, karyawan memahami dan memperhatikan kepentingan penumpang, karyawan sabar dan penuh pengertian dalam menangani penumpang, karyawan memberikan tempat yang nyaman, aman dan representatif. karyawan memberikan sambutan yang baik kepada penumpang, waktu pelayanannya sesuai dengan jadwal yang diinformasikan kepada penumpang, pelayanan yang diberikan dapat dipercaya, menyimpan data yang akurat dan benar, karyawan selalu bersikap ramah kepada penumpang, karyawan memiliki pengetahuan yang cukup, karyawan tanggap terhadap kepentingan penumpang.
 
3. Tingkat Emosional
Kepuasan diperolah bukan hanya dari kualitas produk saja, tetapi nilai sosial suatu produk dapat membuat konsumen menjadi puas. Konsumen akan merasakan bangga apabila dia menggunakan suatu produk karena produk tersebut memiliki nilai sosial dimata masyarakat, menurutnya masyarakat akan kagum terhadap dia.
Contoh kasus:
Konsumen yang memiliki smartphone produk Blackberry akan merasakan bangga karena produk smartphone ini memiliki tingkat emosional yang tinggi dimata masyarakat. Pada saat ini smartphone Blackberry sangat berkembang dikalangan masyarakat terlebih dikalangan anak remaja. Karena dari segi kegunaan dan kecanggihannya, jadi pengguna yang menggunakan blackberry akan merasakan bangga dibanding dengan ponsel-ponsel yang ada sebelumnya seperti, Nokia, Sony, dll.
4. Harga
Produk yang memiliki kualitas yang sama tetapi mempunyai harga yang lebih murah akan menarik konsumen karena memberikan nilai yang lebih tingggi dibanding produk yang mahal.
Contoh kasus: Konsumen lebih tertarik untuk membeli bahan bakar premium jenis solar dibanding Pertamax, karena harganya yang lebih murah dan lebih merakyat ketimbang Pertamax.  
5.Biaya
Biaya tambahan yang tidak perlu ditanggung atau dikeluarkan oleh konsumen dapat meningkatkan kepuasan konsumen atas produk atau jasa yang digunakan.
Contoh kasus:
Konsumen biasanya lebih tertarik membeli barang secara langsung daripada secara online. Salah satu alasannya yaitu dalam pembelian online biasanya sering dikenakan Biaya tambahan yaitu biaya pengiriman 
barang.
 
ANALISA 
Konsumen dalam memutuskan membeli suatu produk akan mempertimbangkan beberapa hal di atas , dan keputusan membeli suatu produk berhubungan pula dengan tingkat pendapatan seseorang . Apabila pendapatan naik maka konsumsi akan suatu barang naik . Begitupun sebaliknya apabila pendapatan turun maka konsumsipun akan menurun .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar