Minggu, 24 November 2013

KEPUTUSAN TENTANG MERK


KEPUTUSAN TENTANG MERK
Keputusan tentang merk
Konsumen harus mengambil keputusan tentang merk mana yang akan dibeli. Setiap merk memiliki perbedaan-perbedaan tersendiri. Dalam hal ini perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah merk.

CONTOH KASUS :
            Pasar smartphone di Indonesia semakin luas karena pasar menawarkan banyak sekali pilihan yang perlu di pertimbangkan oleh konsumen .Beberapa tahun kebelakang smartphone jenis Blackberry mampu merajai sektor smartphone di Indonesia yang kala itu blackberry mampu merebut dominasi Nokia dan Sony ericsson di pasar nasional.Dan kondisi yang sama terjadi saat ini ketika bermunculannya smartphone yang mengandalkan system operasi yang berbasis android dan perlahan namun pasti Blackberry mulai di tinggalkan oleh konsumen ditambah fitur BBM atau Blackberry Messenger kini telah dapat di nikmati oleh pengguna android hal ini semakin membuat Blackberry semakin redup sinarnya.Dan kini konsumen lebih memilih menggunakan smartphone berbasis android yang di tawarkan oleh produsen asal korea selatan yaitu Samsung walau secara umum banyak sekali produsen-produsen lain yang menawarkan smartphone dengan basis yang sama namun Samsung tetap mampu merajai pasar dan Berikut ini adalah hasil statistik data penjualan pada kuartal kedua tahun 2013 :

Data pengiriman ponsel Q2 2013
Dengan demikian merk Samsung merupakan pilihan utama konsumen di pasar global maupun pasar nasional.
Karena samsung merupakan merk yang di percaya oleh konsumen sebagai merk smartphone yang berkualitas sehingga konsumen memutuskan pembelian tersebut.
                                                                                            
                                                                                                             

                                                                                                                   PENULIS : WARNO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar