KEPUTUSAN TENTANG MERK
Keputusan tentang merk
Konsumen harus mengambil keputusan tentang merk mana yang
akan dibeli. Setiap merk memiliki perbedaan-perbedaan tersendiri. Dalam hal ini
perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah merk.
CONTOH KASUS :
Pasar smartphone di Indonesia
semakin luas karena pasar menawarkan banyak sekali pilihan yang perlu di pertimbangkan
oleh konsumen .Beberapa tahun kebelakang smartphone jenis Blackberry mampu
merajai sektor smartphone di Indonesia yang kala itu blackberry mampu merebut
dominasi Nokia dan Sony ericsson di pasar nasional.Dan kondisi yang sama
terjadi saat ini ketika bermunculannya smartphone yang mengandalkan system operasi
yang berbasis android dan perlahan namun pasti Blackberry mulai di tinggalkan
oleh konsumen ditambah fitur BBM atau Blackberry Messenger kini telah dapat di
nikmati oleh pengguna android hal ini semakin membuat Blackberry semakin redup
sinarnya.Dan kini konsumen lebih memilih menggunakan smartphone berbasis android
yang di tawarkan oleh produsen asal korea selatan yaitu Samsung walau secara
umum banyak sekali produsen-produsen lain yang menawarkan smartphone dengan
basis yang sama namun Samsung tetap mampu merajai pasar dan Berikut ini
adalah hasil statistik data penjualan pada kuartal kedua tahun 2013 :
Sumber : http://gadgetan.com/data-statistik-top-14-manufaktur-smartphone-dunia-kuartal-kedua-2013/49718
Dengan
demikian merk Samsung merupakan pilihan utama konsumen di pasar global maupun
pasar nasional.
Karena samsung merupakan merk yang di percaya oleh konsumen sebagai merk smartphone yang berkualitas sehingga konsumen memutuskan pembelian tersebut.
PENULIS : WARNO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar