PENULIS : WARNO
KELAS :
3EA05
NPM :17211363
JUDUL TULISAN :KONTROVERSI KEBIJAKAN LOW COST GREEN CAR (LCGC)
KONTROVERSI
KEBIJAKANN LOW COST GREEN CAR (LCGC)
Menyikapi keputusan
pemerintah mengenai kebijakan Low Cost Green Car (LCGC) atau yang sering
disebut dengan mobil murah ramah lingkungan tentu saja menimbulkan banyak Pro
dan Kontra dikalangan masyarakat umum dan juga bagi kepala-kepala daerah
seperti gubernur ataupun jajaran dibawahnya karena memang LCGC sangat tidak
mendukung visi dan misi yang dulu pernah tercetus mengenai hemat BBM ,Go Green
serta pengembangan transportasi umum.
Melihat dari dua sisi
memang LCGC memilki dampak positif dan juga dampak negatif.Dampak positif yang
akan timbul dari kebijakan tersebut yaitu :
1.Industri otomotif Indonesia akan terus berkembang
2.Dari industri tersebut akan dapat menyerap jutaan pekerja
3.Mampu mengekspor ke negara lain mobil murah tewrsebut dan itu
memiliki imbas postif di neraca perdagangan indonesia
4.Mobil nasional seperti ESEMKA dll akan mampi bersaing dengan type
mobil murah lain di kelasnya.
Itulah beberapa dampak positif yang akan timbul dengan adanya kebijakan
LCGC yang dikeluarkan oleh pemerintah.Namun tidak hanya damapak positif yang
akan timbul namun juga dampak negatif dan berikut adalah dampak negatif yang
akan timbul ialah :
1.Volume jalan tidak akan mampu menampung volume kendaraan yang akan
semakin banyak
2.Tingkat konsumsi BBM akan semakin tinggi
3.Masyarakat akan semakin malas menggunakan transportasi umum
4.Kebijakan tersebut tidak memihak masyarakat kecil.
Melihat dari dua sisi
tersebut kebijakan memilki damapak positif dan juga dampak negatif tergantung
kita melihat dari sisi yang mana.Namun bagi saya sendiri (penulis) kebijakan
LCGC ini sangat tidak cocok di keluarkan oleh pemerintah sebab melihat dari
infrastruktur jalan di Indonesia sangatlah jauh tertinggal dengan pertumbuhan
jumlah kendaraan maka hal itu akan membuat kemacetaqn yang semakin parah
.Walaupun pemerintah menargetkan para pengendara motor akan beralih menggunakan
mobil LCGC dan masyarakat yang berada di daerah.Namun melihat kondisi ekonomi
di indonesia serta naik a suku bunga kredit perbankan maka target pemerintah
tersebut akan sulit terealisasi.Dan harga baru dari mobil tersebut tetap berada
di kisaran yang sulit terjangkau oleh masyarakat menengah kebawah .
Saran saya (penulis) LCGC
lebih di fokuskan untuk pasar ekspor ketimbang pasar dalam negeri kemudian
seharusnya pemerintah lebih fokus dengan mengembangkan transportasi umum ke
arah yang lebih modern sehingga masyarakat akan lebih nyaman menggunakan kendaraan
umum ,kemacetan akan berkurang sehingga mobilitas masyarakat dalam kegiatan
ekonomi akan semakin lancar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar